Wahai Istri Saleha, Ini 5 Nasehat untuk Raih Ridha Suami

Ilustrasi istri saleha. (Dok: Ist)

PRIBUMI.co.id, Khazanah – Untuk mewujudkan rumah tangga yang sakinah, mawaddah, warahmah, pasangan suami istri harus saling memahami.

Dalam sebuah rumah tangga, seorang istri telah diberikan jaminan dari suami, berupa nafkah, baik itu nafkah yang lahir maupun batin.

Kendati demikian, seorang Istri dituntut untuk menunaikkan kewajibannya serta mendatangkan hak-haknya suami. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan istri terhadap agama yang mengatur segala aspek kehidupan.

Berikut ini lima nasehat bijak untuk istri agar mendapatkan ridha suami dalam rumah tangga:

1. Jangan Cemburu Berlebihan

Betul, cemburu itu tanda cinta. Tapi suami yang semua gerak gerik dicurigai karena alasan cemburu tentu saja membuat dia tidak nyama. Jika ini terlalu bolak balik terjadi sering kali berakhir dengan perceraian. Wanita yang paling bahagia adalah mereka yang bisa mengendalikan rasa cemburunya.

Dalam sebuah hadistyang dikutip dalam Kitab Sunan al Baihaqi (7/308), disebutkan, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda”

“Ada jenis cemburu yang dicintai Allah Subhanahu wa Ta’ala, adapula yang dibenci-Nya. Yang disukai, yaitu cemburu tatkala ada sangkaan atau tuduhan. Sedangkan yang dibenci, yaitu adalah yang tidak dilandasi tuduhan atau sangkaan kuat,” pesan Rasulullah Muhammad saw.

Baca Juga :  Muslim Wajib Tahu, Ini Tiga Tanda Tubuh Dihinggapi Jin

2. Rajin Berdandan untuk Suami

Di antara kiat penting agar bisa menyejukkan mata suami adalah rajin berdandan. Suami harus di manjakan visualnya, mereka seneng liat yang indah-indah, coba perharikan foto nikahn dulu, secantik dan tirus itu wajah kita, gemeesssin bangetkan… wajah dan body itulah yang bikim suami kita klepek-klepek.

Namun, kecantikan seorang istri hanya diperuntukkan bagi suami. Hak suami terhadap istri adalah hendaknya istri selalu berusaha melakukan sesuatu yang dapat menumbuhkan rasa cinta. Salah satunya dengan bersolek. Dia pun mengimbau para istri berhias diri untuk suaminya dengan celak, pacar, dan bermacam perhiasan lainnya.

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sebaik-baik isteri adalah yang menyenangkan jika engkau melihatnya, taat jika engkau menyuruhnya, serta menjaga dirinya dan hartamu di saat engkau pergi.”

3. Memakai Parfum Pengharum Badan

Parfum terbaik badan yang bersih dan segar karena mandi atau wudhu. Nah indera penciuman suami juga wajib dimanjain. Pasalnya, di luar sana gadis-gadis pada wangi. Masa pulang ke rumah kita bau bawang. Setidaknya mandilah, pake parfum sedikit biar kita juga percaya diri deketin suami.

4. Mensyukuri Rezeki dari Suami

Baca Juga :  Buat Apa Berusaha Jika Hasil Ditentukan Allah? Begini Jawaban Islam!

Perintah syukur ini sangat ditekankan dalam Islam, Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda sebagaimana dalam hadist riwayat Bukhari, dari Ibnu Abbas ra:

“Diperlihatkan Neraka kepadaku dan aku melihat kebanyakan penghuninya adalah kaum wanita, mereka kufur.”

Para Shahabat bertanya: “Apakah disebabkan kufurnya mereka kepada Allah?”

Rasul menjawab: “(Tidak), mereka kufur kepada suaminya dan mereka kufur kepada kebaikan. Seandainya seorang suami dari kalian berbuat kebaikan kepada isterinya selama setahun, kemudian isterinya melihat sesuatu yang jelek pada diri suaminya, maka dia mengatakan, ‘Aku tidak pernah melihat kebaikan pada dirimu sekalipun.’

5. Tidak Menyakiti Perasaan Suami

Seorang istri tidak bolehmenyakiti perasaan suami, baik dari ucapan maupun perbuatan, apalagi sampau memanggil suami dengan kejelekan atau mencaci-makinya.

Hal tersebut telah diingatkan olehNabi Muhammad saw dalam hadist yang diriwayatkan Tirmidzi No 1174.

“Tidaklah seorang isteri menyakiti suaminya di dunia, melainkan isterinya dari para bidadari Surga akan berkata, ‘Janganlah engkau menyakitinya. Celakalah dirimu! Karena ia hanya sejenak berkumpul denganmu yang kemudian meninggalkan-mu untuk kembali kepada kami.”

Nah, demikianlima pesan untuk para istri. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam bish-shawabi.

Penulis: Azzahra

Dapatkan Berita Terupdate dari Pribumi.co.id di: